Kiat perjalanan yang aman di pulau Komodo

  • July 22, 2020


Indonesia diberkati dengan pemandangan yang indah. Posisi geografis kepulauan membuat Indonesia dihuni oleh berbagai organisme unik. Salah satunya adalah komodo. Orang Indonesia juga tahu cara melihat komodo ini, ada tempat yang baik untuk dikunjungi, itu adalah pulau Komodo.

Pulau Komodo, yang terletak di sebelah timur Nusa Tenggara (NTT), adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Labuan Bajo. Selain menjadi rumah hewan prasejarah, pulau ini juga memiliki banyak keistimewaan lain yang membuat Anda lebih penasaran untuk berkunjung.

Bagi Anda yang ingin berlibur di Pulau Komodo, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk bepergian ke Labuan Bajo sehingga Anda dapat merasakan setelah itu bahwa liburan Anda aman, menyenangkan dan jelas fantastis. Karena itu, simak ulasan lengkap berikut ini.

  1. Jangan membawa daging

Ketika naga pergi bertualang dan ingin membawa makanan mereka, bantulah dirimu sendiri untuk tidak membawa daging. Bahkan jika Anda menyiapkan daging untuk lauk. Ini disiarkan oleh pemandu wisata di Taman Nasional Komodo.

Karena? Karena naga adalah karnivora dengan indera penciuman yang kuat. Karena itu lebih baik tidak “menyajikan” makanan.

  1. Tetap dekat dengan panduan ini

Menurut instruksi yang diberikan oleh pemandu sebelum memulai perjalanan di pulau Komodo, Anda harus berada di panduan ini sebanyak mungkin. Sehingga kehadiran Anda tidak mengganggu naga dan bahkan membahayakan Anda.

Karena komodo berburu dengan lambat dan berjalan perlahan menuju mangsanya. Jika Anda tidak peduli dan menjauh dari mengemudi, Anda akan kesulitan menghindari naga. Selain itu, komodo memiliki perkiraan kecepatan berjalan rata-rata manusia, yaitu 18-20 km / jam untuk jarak pendek di Bumi.

  1. Tinggal jauh dari komodo

Karena keindahan dan eksotisme yang ditawarkan Pulau Komodo, Anda bisa tergoda untuk mengambil foto dan mengabaikan lingkungan. Terutama ketika Anda bertemu langsung dengan komodo.

Namun, Anda harus menjaga jarak dari naga. Jangan pernah terlalu dekat dengan naga Komodo dan jangan pernah mencoba memberi makan reptil purba. Jangan membuang rasa ingin tahu dan keinginan untuk mengambil gambar, Anda harus secara sukarela menggigit diri sendiri.

  1. Jangan membuat gerakan dan teriakan tiba-tiba

Melihat komodo itu buruk, tetapi jangan tertipu, ia memiliki indera penciuman dan pendengaran yang bagus. Meskipun kelihatannya hewan besar ini masih duduk dan berkeliaran, Anda seharusnya tidak pernah mengganggunya.

Karena komodo dapat bertindak cepat dan mengusir Anda, kecepatan juga dikatakan mencapai 20 km per jam. Tujuan Menekuk lutut di sini adalah untuk melompat tiba-tiba atau menghindari ketika Anda melihat naga Komodo.

Pergerakan mendadak ini merupakan ancaman bagi seekor komodo, oleh karena itu ia akan meluncurkan serangan. Berjalan di belakang penjaga dan bertindak normal tanpa membuat terlalu banyak suara.

  1. Tanda peringatan jika terjadi menstruasi atau kehamilan

Aroma kuat Komodo berjarak tujuh kilometer. Naga tertarik pada aroma darah, seperti karnivora lainnya, dan dapat mengetahui apakah korbannya lemah atau tidak.

Namun, untuk menstruasi atau wanita hamil, Anda masih bisa mengunjungi Pulau Komodo. Asalkan Anda memberi tahu wakil panduan kasus ini sehingga Anda selalu berada di bawah pengawasan mereka.

  1. Jangan menggunakan pakaian berlapis

Untuk wanita yang ingin mengenakan pakaian yang longgar dan ketat, disarankan untuk mengenakan pakaian lain saat mengunjungi pulau ini. Karena hampir seperti banteng, naga mudah tertarik ke kain yang bergoyang.

  1. Jangan memakai baju merah

Ada legenda yang beredar di kalangan wisatawan, dilarang mengenakan pakaian merah karena dapat membuat naga agresif dan menyebabkan menyerang Anda nanti. Hewan besar ini tidak jauh berbeda dari seekor banteng.

Meskipun banyak orang menganggapnya sebagai mitos, itu harus tetap waspada. Pada dasarnya, jika saya mengenakan baju jika saya secara tidak sengaja mengganggu mereka, Anda akan tetap diserang dan dikejar.

  1. Bagaimana jika Komodo mengejarnya?

Meskipun komodo adalah pelari yang hebat, mereka tidak dapat berlari secara langsung. Jadi jika Anda akhirnya mengejar mereka, kuasai teknik lari berliku. Karena penglihatan mereka tidak baik, jika Anda masih mengejar, cari tempat yang lebih tinggi dan naik ke sana.

Itulah beberapa saran perjalanan ke Pulau Komodo . Dengan tips ini, tentu saja, kunjungan Anda ke Pulau Komodo akan lebih aman, lebih nyaman dan lebih mengasyikkan. Kami harap informasi ini bermanfaat