Bibit Anggur

  • December 26, 2020

harga bibit anggur ninel

“Perawatannya anggur ninel ini jauh mudah, tidak mengenal musim, dan hasil panennya menggembirakan, ” ujar Rio. Selain buah, Rio juga menjajakan bibit anggur ninel dalam kebunnya yang bernama Satriya Grape Farm. Ada 2 jenis bibit yang ia jual yakni bibit about root dari batang asli dengan harga Rp two hundred. 000 per bibit dan bibit sambung atau grafting sekitar Rp 125. 500 per bibit.

Rio mengatakan, bagi warga yang akan menanam anggur ninel dalam rumah cukup mudah. Tindak pertama tentu mengondisikan tanah atau media tanam. Keputusan Rio menanam anggur ninel sempat diremehkan warga. Buah dari Eropa itu dinilai akan sulit hidup dalam iklim tropis semacam Dalam negri. Meskipun, kini sebagian lebih besar warga menanam tanaman ini. Di kampung ini pengunjung juga bisa membeli bibit anggur dengan harga telah dari Rp 125 ribu. Tak hanya bisa puas menikmati anggur, pengunjung pun bisa berfoto dengan anggur-anggur yang cantik.

harga bibit anggur ninel

Cibiran tersebut gak membuat Rio patah gelora untuk menanam anggur dalam halaman rumahnya. Bahkan, ia mulai mempelajari bagaimana trik menanam anggur agar berbuah dengan sempurna. Keunggulan lain, meski berasal dari negeri seberang, jenis anggur terkait ternyata bisa ditanam pada iklim tropis seperti Philippines. Maklum, untuk bisa meraih buah anggur ninel yg manis, selama masa tanam harus terkena sinar matahari sekitar 60%. Bagi pengagum tanaman buah anggur, Varietas anggur ninel dapat jadi pilihan yang tepat. Selain buah yang sangat layak untuk dikonsumsi, pertumbuhan batang, daun dan akar juga sangat baik dan termasuk anggur yang tidak rewel. Tunggu Apalagi, Segera Ambil Bibit Anggur Ninel Sekarang Juga!.

Anggur jenis ini berbeda dengan jenis yang lainnya, selain rasanya lebih manis, anggur ini juga mampu berbuah setiap saat. Ada perbedaan antara buah anggur ninel dengan anggur lokal. Anggur ninel berbentuk lonjong, sedangkan anggur lokal bentuknya bulat. Tak nyata motivasi apapun dari tindak Rio menanam anggur ninel. Rio menyebut, untuk dan anggur sendiri ia menetapkan Rp 100 ribu each kilogram.

Tanaman anggur ini awalnya hanya berada di rumah seorang pemuda bernama Rio Aditya. Pria ini diketahui gemar jadi buah anggur sehingga terinpirasi untuk menanamnya sendiri pada halaman rumah. Rasa buah anggur ninel ini bertambah manis dari jenis anggur lainnya. Tingkat kemanisan anggur itu mencapai 22 persen briks atau empat tingkat lebih tinggi dibanding macam anggur kebanyakan yang rata-rata 18 persen briks. Keberhasilan Rio membudi dayakan anggur ninel memancing minat warga Kampung Plumbungan mengikuti langkahnya. Pemuda yang memiliki hal rumah seluas 150 m persegi dipenuhi pohon anggur itu memilih budi daya anggur karena potensi pasarnya yang menjanjikan. Buah dalam identik dengan minuman wine beverages asal Prancis itu juga coba dikembangkan di Bantul, dan ternyata berhasil.

Setiap bibitnya dihargai berkisar Rp100 ribu hingga Rp150 ribu. kini sudah menjadi desa wisata yang banyak disambangi pengunjung. Jika datang ke kampung anggur, pengunjung bisa mendapatkan langsung buah yang disukainya. Sementara untuk masuk ke kampung ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Bukan berhenti di situ tertentu, Rio pun mengembangkan varietas tanaman anggurnya dengan coba menanam anggur Ninel dalam berasal dari Negara Ukraina pada tahun 2014. Menurutnya, ia memilih varietas tersebut karena anggur Ninel gak mengenal musim dan rasanya lebih manis dibanding anggur lokal.

Melihat hal ini, para ibu PKK berinisiatif menanam pohon anggur. Hasilnya tidak mengecewakan, bibit anggur yang ditanam ini hasilnya tumbuh subur dan dapat berbuah dalam jangka sewaktu 8 bulan hingga one tahun. Rio menyebut, ia sangat senang dengan ketertarikan warga untuk menanam anggur di pekarangan rumahnya masing-masing. Mengingat dengan keberadaan anggur tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Merespon hal tersebut, Rio lantas mengajari warga Dusun Plumbungan terkait cara menanam, merawat hingga memanen anggur.

Seiring berjalannya waktu, warga mulai menanam anggur di depan rumahnya masing-masing. Buah Anggur yang ditanamnya merupakan varietas Ninel, yang konon bibitnya berasal dari Ukraina.