Tips aman saat corona liburan di luar negeri

  • July 22, 2020

Status novel coronavirus (2019-nCoV) di Wuhan, Cina, telah menimbulkan keprihatinan masyarakat internasional. Menurut informasi terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia, ada 2.014 kasus dan 56 kematian di China dari virus baru.

Tidak hanya di daratan Cina, virus ini juga telah menyebar ke 11 negara lain. Negara-negara Asia lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Singapura. Selain itu, Australia dan Eropa juga telah melaporkan kasus coronavirus.

Inilah yang mengkhawatirkan mereka yang berniat melakukan perjalanan ke luar negeri. Tetapi sebelum meninggalkan atau membatalkan liburan atau perjalanan bisnis Anda, ada beberapa tips untuk tetap aman saat bepergian.

segala sesuatu? Di bawah ini adalah daftar kiat yang disetujui oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika.

  1. Selalu cuci tangan dengan sabun

Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mencuci tangan dengan sabun. Ini karena air sabun membantu membunuh kuman dengan menggosoknya secara mekanis dan melepaskannya dari tangan. Tidak ada bukti seberapa sering Anda mencuci tangan, tetapi lakukan setiap kali Anda menyentuh sesuatu atau ketika Anda ingin makan dan minum.

  1. Gunakan masker

Masker mungkin mengurangi risiko, tetapi mereka jelas tidak sepenuhnya mencegah penularan virus. Gunakan masker yang lebih tebal seperti N-95, karena masker mampu menahan 95% partikel dari luar.

  1. Bawalah bantal dan selimut

Meskipun ada kemungkinan bahwa virus tidak bertahan hidup jika melekat pada tubuh yang kaku, tidak ada kesalahan dalam tindakan pencegahan ini. Juga, tidak diketahui berapa banyak spora yang ada di bantal atau selimut di atas kapal, jadi penting untuk mengambil tindakan pencegahan pada saat-saat seperti ini.

  1. Kenakan sarung tangan di luar ruangan.

Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum atau keluar dari ruangan, gunakan sarung tangan untuk melindungi diri dari bakteri di tempat umum. Mengenakan sarung tangan saat bekerja dengan kutub dan pegangan di transportasi umum dapat mengurangi risiko terkena kuman atau bakteri.

  1. Panduan Wisatawan CDC

CDC dan WHO telah membuat sejumlah rekomendasi untuk pelancong, seperti berikut ini:

  • CDC merekomendasikan agar wisatawan menghindari perjalanan non-darurat ke Provinsi Hubei, Cina, termasuk Wuhan

Hindari kontak dengan pasien.

Hindari hewan (hidup atau mati), pasar hewan dan produk hewan (seperti daging mentah).

Selalu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

  • Lansia atau lanjut usia dan pelancong dengan kondisi kesehatan esensial dapat berisiko mengembangkan penyakit yang lebih serius dan harus mendiskusikan perjalanan mereka ke Wuhan dengan penyedia layanan kesehatan.
  • Jika Anda telah melakukan perjalanan ke Provinsi Hubei, Cina, termasuk Wuhan, dalam 14 hari terakhir dan merasa sakit karena demam, batuk, atau kesulitan bernafas, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Sebelum pergi ke ruang bedah atau ruang gawat darurat, hubungi dulu dan bicarakan tentang penerbangan terakhir dan gejalanya.

Hindari kontak dengan orang lain.

Jangan bepergian jika Anda sakit.

Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu atau lengan (bukan tangan Anda) saat Anda batuk atau bersin.
Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air

Demikian beberapa tips di atas semoga dapat membantu anda .